Sabtu, 05 Maret 2011

Ilmuwan Terperangah Saksikan Badai Salju Komet






Ilmuwan ternganga saat pesawat luar angkasa NASA berhasil mengambil gambar luar biasa dari komet yang menciptakan badai salju.

"Bagi saya semua ini terlihat seperti bola salju yang bisa Anda guncang," kata ilmuwan dari Brown University, Pete Schultz yang menganalisis rekaman baru dari komet Hartley 2 itu. Ketika pertama kali melihat gambar itu, Schultz berkata “mulut kami (ilmuwan) hanya bisa menganga.”

Kami menyadari bahwa kami melihat partikel salju di sekitar inti komet, kata kepala ilmuwan University of Maryland, Michael A'Hearn. "Kami terkejut."

Belum pernah sebelumnya terlihat potongan es di sekitar komet. Foto-foto dari banjir yang terjadi di komet ini berhasil tertangkap pesawat luar angkasa NASA, pada awal November .

Pesawat berhasil mendekat kurang dari 500 mil ke pusat komet. Teknisi NASA memilih jarak yang aman agar pesawat tidak terkena puing-puing komet. Namun, ilmuwan salah perkiraan.

"Teknisi melaporkan sekitar sembilan partikel komet yang menabrak pesawat luar angkasa itu," ujar manajer pesawat, Tim Larson dari Jet Propulsion Laboratory milik NASA di Pasadena, California, Amerika Serikat. Namun, tidak ada kerusakan yang signifikan pada pesawat.

"Bola salju terbuat dari serpihan kecil air yang beku dan mengelompok," kata astronom Jessica Sunshine dari University of Maryland. Karenanya, bukan seperti gumpalan es biasa, bola salju di komet itu memiliki struktur yang sangat longgar dan gampang pecah.

SUMBER BERITA !!! KLIK DISINI

Tidak ada komentar:

Posting Komentar