Kamis, 21 Oktober 2010

reptile aneh

Katak Pohon


Katak Pohon ada beberapa macam, Mata Merah, White Lipped, Tigger-legged, Masked Waxy Monkey, Casque HeadGraceful, Cuban, Green, Gold & White’s Dumpy.


Katak Pohon bisa tumbuh hingga mencapai
ukuran 5-10 cm. Katak Pohon memakan serangga hidup, aktif di malam hari & lebih suka hidup sendiri. Katak Pohon bisa hidup sekandang dengan amfibi yang sama ukurannya, tapi perhatikan sikap agresif atau territorial. Katak pohon sangat pandai memanjat karena mempunyai kaki dengan telapak yang lengket.
Katak Pohon mempunyai kulit yang sensitif jadi sebaiknya tidak terlalu sering dipegang. Katak Pohon makan jangkrik, ulat jerman atau ulat bambu. Ada baiknya sebelum jangkrik diberikan, beri makan jangkrik 2-3 hari sebelumnya dengan makanan bergizi tinggi (gut loading). Berikan makan 3-4 kali per minggu untuk Katak Pohon dewasa, sedangkan yang masih kecil beri makan tiap hari. Berikan serangga yang sudah ditaburi kalsium dan berikan juga serangga yang lebih untuk makan di malam hari. Jangan lupa buang sisa jangkrik yang mati atau tidak dimakan untuk menghindari jamur dan pembusukan.
Katak Pohon menyerap air melalui kulitnya, jadi sediakan tempat air yang dangkal untuk berendam dan ganti airnya tiap hari. Semprot habitat Katak Pohon dengan semprotan air dua kali sehari untuk menjaga kelembaban & untuk air minumnya.
Katak Pohon yang sehat memiliki mata yang jernih, makan dan minum secara teratur, bernafas dengan mudah dan buang air besar 2-3 hari sekali.
Untuk kandangnya, pakai aquarium bervolume 76 liter atau lebih dengan tutup yang berventilasi. Katak Pohon perlu kelembaban sekitar 70-80%. Letakkan lumut yang lembab untuk membantu kelembaban, semprot lumut dua kali sehari. Akan lebih baik juga jika ada tanaman hidup di dalam aquarium. Bersihkan kotoran seminggu sekali dan ganti alasnya paling tidak sebulan sekali untuk menghindari jamur.
Suhu yang tepat untuk Katak Pohon adalah 24-29o Celcius pada siang hari dan 18-24 celcius untuk malam hari. Jika perlu, pasang thermometer untuk memonitor suhu dalam kandang.

Katak Pohon

Tidak ada komentar:

Posting Komentar