Minggu, 18 Desember 2011

Tips Memelihara Tikus: Makanan Tikus

Pada dasarnya tikus adalah binatang omnivora artinya pemakan segala. Jangan dikira tikus hanya suka makan keju saja, seperti di film-film kartun Walt Disney. Tikus rumah liar akan memakan apa saja yang mereka temukan di dalam rumah, mulai dari roti, mie instant, kue, keju, daging, biji-bijian, beras, dan lain-lain. Sifat alami tikus ini memudahkan kita untuk memberi makan pada tikus.

tikus jidat putih sedang makan biji-bijian
Tikus jidat putih sedang makan biji-bijian.

Kalau anda memelihara tikus untuk ‘klangenan’ atau hewan peliharaan tidak perlu repot dengan urusan makanan tikus. Mencit/tikus kesayangan Anda bisa diberi makanan apa saja. Kalau kebetulan Anda punya kue, bisa mencit diberi makan kue. Kalau ada roti, beri dia roti. Kalau ada sisa daging, beri dia daging. Kalau kebetulan tidak punya apa-apa, beri saja dia beras. Mudah sekali kan.

Meskipun tikus mau diberi makan apa saja, tetapi sebaiknya kita memvariasikan makanan yang diberikan untuk mencit kesayangan kita. Jangan hanya diberi menu makanan yang monoton. Mencit seperti juga kita, bisa mengalami gizi buruk jika diberi diet yang monoton.

Selain itu sebaiknya dalam diet mencit, juga diberi makan makanan yang banyak mengandung air. Meskipun kita sudah memberinya minum yang cukup. Makan-makanan yang banyak mengandung air yang bisa kita berikan antara lain: mentimun atau wortel. Makan-makanan ini akan cukup memberikan asupan air untuk mencit. Selain itu buah-buahan ini juga kaya akan vitamin. Mencit kesayangan kita akan terlihat sehat dan warna bulunya mengkilat.

Tidak ada perbedaan khusus untuk makanan tiap jenis tikus. Apapun tikus/mencit yang Anda miliki, baik tikus putih, tikus hitam, tikus coklat, tikus emas, tikus jidat putih, ataupun tikus belang, makanannya sama saja.

sumber http://isroi.wordpress.com/2009/12/09/tips-memelihara-tikus-makanan-tikus/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar