Jumat, 09 Desember 2011

Mengenal Sungai dan Binatang yang hidup Sungai Amazon

Amazon terletak di Amerika Selatan merupakan sungai terpanjang kedua di dunia dan sejauh ini terbesar oleh aliran air dengan debit rata-rata lebih besar dari tujuh sungai terbesar berikutnya gabungan (tidak termasuk Madeira dan Rio Negro, yang tributuaries dari Amazon). Amazon, yang memiliki cekungan drainase terbesar di dunia, sekitar 7.050.000 kilometer persegi (2.720.000 sq mi), menyumbang sekitar seperlima dari total aliran sungai di  dunia.

Lebih dari sepertiga dari semua spesies di dunia hidup di hutan hujan Amazon, hutan tropis raksasa dan lembah sungai dengan luas yang membentang lebih dari 5.400.000 kilometer persegi (2.100.000 sq mi). Ini adalah hutan tropis terkaya di dunia dalam hal keanekaragaman hayati. Ada lebih dari 2.100 spesies ikan saat ini diakui di Cekungan Amazon, dengan lebih ditemukan setiap tahun

Binatang yang hidup di kawasan Amazon

Lumba-lumba Amazon

 
 Ini adalah spesies terbesar dari sungai lumba-lumba, dan dapat tumbuh hingga panjang hingga 2,6 meter (8,5 kaki). Warna perubahan kulit dengan usia. Ini bervariasi dari abu-abu ketika muda, menjadi merah muda dan putih karena jatuh tempo. Lumba-lumba menggunakan sonar untuk menavigasi dan berburu di kedalaman sulit sungai. Para Boto adalah subyek dari sebuah legenda yang sangat terkenal di Brazil tentang lumba-lumba yang berubah menjadi seorang pria dan menggoda gadis-gadis dengan tepi sungai. Para tucuxi (Sotalia fluviatilis), juga merupakan spesies lumba-lumba, ditemukan baik di sungai Amazon dan Basin di perairan pesisir Amerika Selatan. Para Manatee Amazon (Trichechus inunguis) juga dikenal sebagai "seacow" ditemukan di bagian utara Sungai Amazon Basin dan anak-anak sungainya. Ini adalah mamalia dan herbivora. Penduduknya terbatas pada habitat air tawar dan tidak seperti manate lainnya, mereka tidak berani ke dalam air garam. Hal ini diklasifikasikan sebagai rentan oleh IUCN. Amazon dan anak sungainya merupakan habitat utama dari Otter Raksasa (Pteronura brasiliensis). Berang-berang raksasa adalah anggota dari keluarga musang dan merupakan yang terbesar dari jenisnya. Karena kerusakan habitat dan perburuan penduduknya telah menurun secara drastis.
Ular anaconda


Ular anaconda ditemukan di perairan dangkal di Cekungan Amazon. Salah satu spesies terbesar di dunia ular, anaconda menghabiskan sebagian besar waktunya di air, dengan hanya lubang hidungnya di atas permukaan. Selain ribuan spesies ikan, sungai mendukung kepiting, alga, dan kura-kura.

Ikan Piranha


Fauna ikan Amazon adalah pusat keanekaragaman ikan-ikan neotropical, dimana lebih dari 5.600 spesies diantaranya adalah Ikan Piranha, ikan bergiri gergaji ini sangat di takuti oleh  sebagian orang  . Piranha adalah ikan air tawar tropis Amerika Selatan. Ini adalah salah satu ikan air tawar  dunia,  . Piraha hidup di sepanjang sungai Amason di Amerika Selatan Sampai Venesuela



Letak Geografi Sungai Amason

Lebar dari Amazon bervariasi antara 1,6 dan 10 kilometer (1,0 dan 6,2 mil) pada tahap rendah, tetapi memperluas selama musim basah untuk 48 kilometer (30 mil) atau lebih. Sungai memasuki Samudra Atlantik di muara luas sekitar 240 kilometer (150 mil) lebar. Mulut batang utama adalah 80 kilometer (50 mil)  Karena dimensi yang luas, kadang-kadang disebut Laut Sungai.. Pada titik tidak ada Amazon dilintasi jembatan  Hal ini bukan karena dimensi yang besar;. Pada kenyataannya, untuk sebagian besar panjangnya (yang 4.080 mil), lebar Amazon baik dalam kemampuan insinyur modern untuk jembatan. Namun, sebagian besar sungai mengalir melalui hutan hujan tropis, di mana ada beberapa jalan atau kota, membatasi kebutuhan untuk penyeberangan.
Sungai Amazon dan anak-anak sungainya yang ditandai dengan wilayah hutan yang luas yang menjadi banjir setiap musim hujan. Setiap tahun sungai naik lebih dari 9 meter (30 kaki), banjir hutan sekitarnya, yang dikenal sebagai Varzea ("hutan banjir"). Hutan Amazon banjir adalah contoh yang paling luas dari jenis habitat di dunia. Dalam musim kemarau rata-rata, 110.000 kilometer persegi (42.000 sq mi) dari tanah air yang tertutup, sedangkan di musim hujan, daerah banjir Cekungan Amazon naik menjadi 350.000 kilometer persegi (140.000 sq mi).
Jumlah air yang dikeluarkan oleh Amazon ke Samudra Atlantik sangat besar: sampai 300.000 meter kubik per detik (11000000 cu ft / s) pada musim hujan, dengan rata-rata 209.000 meter kubik per detik (7400000 cu ft / s) 1973-1990. Amazon bertanggung jawab untuk sekitar 20% dari air tawar bumi memasuki laut. Sungai mendorong segumpal besar air tawar ke laut. Membanggakan adalah sekitar 400 kilometer (250 mil) panjang dan antara 100 dan 200 kilometer (62 dan 120 mil) lebar. Air segar, yang lebih ringan, mengesampingkan laut asin, menipiskan salinitas dan mengubah warna permukaan laut atas area sampai dengan 1.000.000 mil persegi (2.600.000 km2) besar. Untuk kapal berabad-abad telah melaporkan air segar di dekat mulut Amazon belum juga terlihat dari tanah di apa yang sebaliknya tampaknya lautan terbuka.
Atlantik memiliki gelombang yang cukup dan energi pasang surut untuk membawa sebagian besar sedimen Amazon ke laut, sehingga Amazon tidak membentuk sebuah delta sejati. Delta besar di dunia semuanya berada dalam tubuh yang relatif terlindungi dari air sementara mengosongkan Amazon langsung ke Atlantik bergolak. Menanggung pasang surut adalah alasan Amazon tidak memiliki sebuah delta yang menonjol; laut cepat membawa pergi volume besar lumpur yang dibawa oleh Amazon, sehingga mustahil untuk delta untuk tumbuh melewati garis pantai.
Ada serikat air alami antara Amazon dan cekungan Orinoco, yang disebut kanal Casiquiare. Casiquiare adalah cabang sungai dari Orinoco atas, yang mengalir ke selatan ke Rio Negro, yang pada gilirannya mengalir ke Amazon. Casiquiare adalah sungai terbesar di planet yang menghubungkan dua sistem sungai besar, sebuah bifurkasi yang disebut.[Sunting] AsalAmazon berasal dari tebing Apacheta di Arequipa pada Mismi Nevado, dengan tanda tunggal sebuah salib kayu.
Sungai Amazon memiliki serangkaian sistem sungai utama di Kolombia, Ekuador dan Peru, beberapa yang mengalir ke Marañón dan Ucayali, yang lain langsung ke yang tepat Amazon. Antara lain, ini termasuk sungai-sungai berikut: Putumayo, Caqueta, Vaupés, Guainia, Morona, Pastaza, Nucuray, Urituyacu, Chambira, Tigre, Nanay, Napo, dan Huallaga.
Sumber paling jauh dari Amazon didirikan pada tahun 1996, 2001,2007 dan 2008, sebagai aliran glasial pada 5.597 berselimut salju m (18.363 kaki) disebut Nevado Mismi puncak di Pegunungan Andes Peru, sekitar 160 km (99 mil) barat Danau Titicaca dan 700 km (430 mil) tenggara Lima. Air dari aliran Mismi Nevado ke Carhuasanta Quebradas dan Apacheta, yang mengalir ke dalam Apurimac Río yang merupakan anak sungai yang kemudian bergabung Ucayali Marañón untuk membentuk yang tepat Amazon. Sementara pertemuan Ucayali-Marañón adalah titik di mana tempat geografer paling awal yang tepat Amazon, di sungai Brasil dikenal saat ini sebagai Solimoes das Aguas. Selanjutnya hilir dari pertemuan air yang berwarna gelap dari Rio Negro memenuhi berpasir berwarna Solimoes Rio, dan selama lebih dari 6 km (4 mil) perairan ini dijalankan berdampingan tanpa pencampuran.
Setelah pertemuan Río Apurimac dan Ucayali, sungai daun medan Andean dan adalah bukan dikelilingi oleh dataran banjir. Dari titik ini untuk Marañón, beberapa 1.600 km (990 mil), bank-bank berhutan hanya keluar dari air, dan tergenang jauh sebelum sungai banjir mencapai tahap maksimal. Bank-bank sungai rendah terganggu oleh hanya beberapa bukit, dan sungai memasuki Hutan Amazon besar.
Sistem sungai dan dataran banjir di Brasil, Peru, Ekuador, Kolombia dan Venezuela, yang airnya mengalir ke Solimoes dan anak sungainya disebut "Amazon Atas". Sungai Amazon yang tepat berjalan sebagian besar melalui Brasil dan Peru, itu adalah bagian dari perbatasan antara Kolombia dan Peru, dan memiliki anak sungai mencapai ke Venezuela, Kolombia, Ekuador, dan Bolivia.

Tidak semua anak sungai banjir Amazon pada saat yang sama tahun. Banyak cabang mulai banjir pada bulan November, dan dapat terus meningkat sampai Juni. Munculnya Rio Negro dimulai pada bulan Februari atau Maret, dan mulai surut pada bulan Juni. Sungai Madeira naik dan turun dua bulan lebih awal dari sebagian besar sisa dari Amazon.
Kedalaman rata-rata dari Amazon antara Manacapuru dan Óbidos telah dihitung sebagai antara 20 sampai 26 meter (66-85 ft). Pada tingkat air Manacapuru Amazon hanya sekitar 24 meter (79 kaki) di atas permukaan laut. Lebih dari setengah air di hilir Amazon Manacapuru di bawah permukaan laut. Pada bagian paling bawah yang rata-rata kedalaman Amazon 20 sampai 50 meter (66-160 ft), di beberapa tempat sebanyak 100 meter (330 kaki).
Sungai utama adalah dinavigasi untuk kapal uap samudra besar sampai Manaus, 1.500 kilometer (930 mil) dari mulut ke hulu. Kapal-kapal laut lebih kecil dari 3.000 ton atau 9.000 ton [4] dan 5,5 meter (18 kaki) rancangan dapat mencapai sejauh Iquitos, Peru, 3.600 kilometer (2.200 mil) dari laut. Kapal sungai kecil dapat mencapai 780 kilometer (480 mil) lebih jauh sampai Achual Point. Selain itu, perahu kecil sering naik ke Pongo de Manseriche, tepat di atas Achual Point.[Sunting] GeografiRapat Waters adalah pertemuan dari Rio Negro (hitam) dan Solimoes Rio (berpasir) di dekat Manaus, Brasil.
Di beberapa titik sungai terbagi menjadi anabranchs, atau beberapa saluran, sering sangat panjang, dengan saluran pedalaman dan lateral, semua terhubung dengan sistem yang rumit dari kanal alam, memotong, dataran rendah igapó datar, yang tidak pernah lebih dari 5 meter (16 kaki) di atas sungai rendah, dalam banyak pulau.
Dari kota Canaria di belokan Amazon besar untuk orang Negro, hanya tanah sangat rendah ditemukan, menyerupai yang di mulut sungai. [Kutipan diperlukan] area luas tanah di wilayah ini terendam di air yang tinggi, di atas yang hanya bagian atas pohon-pohon hutan suram muncul. Dekat mulut Rio Negro untuk Serpa, hampir sebaliknya Madeira sungai, tepi Amazon rendah, sampai Manaus mendekati, mereka naik ke bukit-bukit menjadi. Pada Óbidos, 17 m tebing (56 kaki) di atas sungai didukung oleh perbukitan rendah. Amazon rendah tampaknya dulunya teluk Samudra Atlantik, perairan yang dicuci tebing dekat Óbidos.

Sebuah gambar satelit yang menunjukan letak Posisi Sungai Amason


Peta yang menunjukan Letak Posisi Sungai Amazon

sumber text editing wikipedia

Tidak ada komentar:

Posting Komentar