Jumat, 23 November 2012

Kisah petani,burung bangau dan belibis

Dikisahkan seorang petani di desa yang benihnya selalu dicuri oleh burung bangau. Petani selalu kesal terhadap perbuatan para bangau, tetapi petani tidak dapat melakukan apa-apa. Suatu hari, petani ingin memberi pelajaran pada burung bangau. Petani memiliki ide untuk memasang perangkap untuk burung bangau. Kemudian petani membentangkan sebuah jaring di sekitar binih yang ditanamnya. 

Keesokan harinya petani melihat banyak sekali burung bangau yang tertangkap, ternyata selain burung bangau ia juga menangkap seekor burung belibis. Belibis memohon ampun kepada petani, "Tuan petani yang baik hati, kamu hanya ingin menangkap Bangau. Saya bukan bangau, saya seekor Belibis. Saya burung pandai. Saya berharap tuan mau melepaskan saya."
Petani pun menjawab, "Apa yang kamu katakan adalah benar, tetapi bukankah kamu juga tertangkap mencuri dari ladangku? Oleh karena itu, kamu pun harus menanggung akibatnya." 
Petani pun tidak mengabulkan permohonan Belibis dan kemudian menangkap burung belibis.

Pesan Moral; Jangan mencari alasan setelah berbuat salah.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar