Selasa, 20 Desember 2011

5 Cara menangkap ikan

Ikan adalah binatang berdarah dingin  yang hidup di air dn bernafas dengan Insan. Dan Ikan adalah salah satu  Binatang yang gi gemari oleh  kebanyakan orang  karena rasanya yang enak dan mengandung banyak Protein dan di bawah ini adalah 5 cara menangkap ikan .
 1. Menangkap Ikan dengan cara Manual
Cara Ini cukup sulit dan perlu keahlian khusus yaitu menangkap ikan dengan tangan 
 
 2.Menangkap Ikan Dengan Cara Membidik
Untuk cara ini lebih mudah dari cara yang di atas hanya dengan ber bekal benda runcing yang tajam ,bidikan ke sasaran Ikan




3. Memancing Ikan
Memancing Ikan adalah dengan cara memberi Umpan sebagai perangkap.Dan Untuk perlengkapan memancing cukup sederhana yaitu  dengan  Senar,Pancing dan Umpan yang paling utama. Untuk umpan tergantung jenis ikan apa yang akan kita tangkap
4.Dengan Jaring

Jaring ikan atau jala adalah alat yang digunakan untuk menangkap Ikan. Jaring ikan yang jerat biasanya dibentuk oleh benang jahitan yang relatif tipis mengikat. Jaring modern biasanya terbuat dari poliamida buatan seperti nilon, meskipun jaring poliamida organik seperti sutra atau wol atau benang sutra umum sampai baru-baru ini masih digunakan.

Dan salah satu Jaring modern adalah jenis Purse 
Purse seine merupakan salah satu alat penangkap ikan yang sangat efektif dan paling Modern te3rutama untuk para Nelayan, mulai nelayan tradisional sampai dengan nelayan modern.
Alat tangkap Purse seine di Kabupaten Mukomuko memang belum pernah dilakukan uji coba dan memang tidak digunaka oleh nelayan , hal ini disebabkan karena kapal nelayan Mukomuko masih tergolong belum memenuhi persyaratan, baik dari segi besarnya muatan , maupun kecepatan. namun demikian kita perlu mengetahui apa yang dinamakan alat purse seine, dan setidaknya kita perlu mengenal alat tersebut.


Purse Seine disebut juga “pukat cincin” karena alat tangkap ini dilengkapi dengan cincin untuk mana “tali cincin” atau “tali kerut” di lalukan di dalamnya. Fungsi cincin dan tali kerut / tali kolor ini penting terutama pada waktu pengoperasian jaring. Sebab dengan adanya tali kerut tersebut jaring yang tadinya tidak berkantong akan terbentuk pada tiap akhir penangkapan.

Prinsip menangkap ikan dengan purse seine adalah dengan melingkari suatu gerombolan ikan dengan jaring, setelah itu jaring bagian bawah dikerucutkan, dengan demikian ikan-ikan terkumpul di bagian kantong. Dengan kata lain dengan memperkecil ruang lingkup gerak ikan. Ikan-ikan tidak dapat melarikan diri dan akhirnya tertangkap. Fungsi mata jaring dan jaring adalah sebagai dinding penghadang, dan bukan sebagai pengerat ikan.





5.Menangkap Ikan dengan Obat keras atau bahan Peledak
untuk cara yang  ini  sudah sangat di larang  karena dapat merusak habitat dan populasi mahhluk hidup di sekitarnya

Tidak ada komentar:

Posting Komentar